Rabu, 09 Maret 2022

KETENTUAN KETENTUAN PUASA SUNNAH BULAN SYA’BAN

  KETENTUAN KETENTUAN PUASA SUNNAH BULAN SYA’BAN
Oleh : TGH. M. Zainul Fahmi, S.Pd.I

Berpuasa

Puasa pada bulan Sya’ban sangat di anjurkan, banyak hadis tentang hal ini di antara nya adalah:

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau mengatakan,

يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ: لاَ يُفْطِرُ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ: لاَ يَصُومُ، فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلَّا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ

“Terkadang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam puasa beberapa hari sampai kami katakan, ‘Beliau tidak pernah tidak puasa, dan terkadang beliau tidak puasa terus, hingga kami katakan: Beliau tidak melakukan puasa. Dan saya tidak pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali di bulan Ramadhan, saya juga tidak melihat beliau berpuasa yang lebih sering ketika di bulan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Sayidatuna A’isyah mengatakan,

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ

“Belum pernah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa satu bulan yang lebih banyak dari pada puasa bulan Sya’ban. Terkadang hampir beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Sayidatuna A’isyah mengatakan,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَفَّظُ مِنْ هِلَالِ شَعْبَانَ مَا لَا يَتَحَفَّظُ مِنْ غَيْرِهِ، ثُمَّ يَصُومُ لِرُؤْيَةِ رَمَضَانَ، فَإِنْ غُمَّ عَلَيْهِ، عَدَّ ثَلَاثِينَ يَوْمًا، ثُمَّ صَامَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan perhatian terhadap hilal bulan Sya’ban, tidak sebagaimana perhatian beliau terhadap bulan-bulan yang lain. Kemudian beliau berpuasa ketika melihat hilal Ramadhan. Jika hilal tidak kelihatan, beliau genapkan Sya’ban sampai 30 hari.” (HR. Ahmad, Abu Daud, An Nasa’i dan sanad-nya disahihkan Syaikh Syu’aib Al Arnauth)

Ummu Salamah radhiallahu ‘anha mengatakan,

عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، أَنَّهُ لَمْ يَكُنْ يَصُومُ مِنَ السَّنَةِ شَهْرًا تَامًّا إِلَّا شَعْبَانَ، وَيَصِلُ بِهِ رَمَضَانَ

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam belum pernah puasa satu bulan penuh selain Sya’ban, kemudian beliau sambung dengan Ramadhan.” (HR. An Nasa’i)

KETENTUAN PUASA BULAN SYA’BAN

Dari semua keterangan hadits-hadits nabi dapat disimpulkan:

1.       Sangat baik melaksanakan puasa sunnah sebanyak-banyaknya di bulan Sya’ban, tetapi tidak sebulan penuh, agar tidak serupa dengan Ramadhan, puasa sunnah yang paling utama adalah seperti puasa nya Nabi Daud AS, yaitu, sehari berpuasa sehari ber buka, hal ini di bolehkan sampai akhir sya’ban. Bahkan boleh bersambung dengan puasa Ramadhan.

2.       Melaksanakan puasa sunnah di bulan Sya’ban secara penuh dan disambung dengan Ramadhan.

3.       Bagi mereka yang belum merutinkan puasa sunnah di bulan Sya’ban hendaklah menghindari puasa-puasa sunnah satu atau dua hari menjelang memasuki Ramadhan. Mengenai hal ini Nabi bersabda:

 لَا تَقَدَّمُوا رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ وَلَا يَوْمَيْنِ إِلَّا رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمًا فَلْيَصُمْهُ

“Jangan kamu dahului  Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi seseorang yang mempuasakan puasa tertentu, maka ia boleh meneruskan puasanya”. (Hadis Shahih, riwayat Bukhari dan  Muslim).

4.       Ada juga cara yang lain seperti Puasa 3 hari di awal Bulan sya’ban  dan 3 hari di pertengahan bulan sya’ban serta 3 hari di akhir bulan sya’ban, maka allah akan memberikan baginya pahala seperti pahala 70 para nabi, dan seperti paha beribadah 70 puluh tahun, dan jika dia mati pada pulan sya’ban di dihitung mati syahid. ( Durratun Nashihin)

Catatan penting

a.       Yang di maksud awal adala dari tanggal 1-10

b.      Pertengahan adalah dari tanggal 11-20

c.       Akhir adalah dari tanggal 21-akhir sya’ban

(Perhatikan agar tidak bertentangan dengan hadis di atas maka pelaksanaan puasa  tengah bulan sya’ban hendaknya tanggal 13,14.15, dan  puasa di akhir sya’ban tanggal, 16,17,18 berarti bergabung 6 hari)

Syekh Wahbab al-Zuhaili dalam Fiqhul Islami wa Adillatuhu menjelaskan:

قال الشافعية: يحرم صوم النصف الأخير من شعبان الذي منه يوم الشك، إلا لورد بأن اعتاد صوم الدهر أو صوم يوم وفطر يوم أو صوم يوم معين كالا ثنين فصادف ما بعد النصف أو نذر مستقر في ذمته أو قضاء لنفل أو فرض، أو كفارة، أو وصل صوم ما بعد النصف بما قبله ولو بيوم النص. ودليلهم حديث: إذا انتصف شعبان فلا تصوموا، ولم يأخذبه الحنابلة وغيرهم لضعف الحديث في رأي أحمد

Artinya : “Ulama mazhab Syafi’i mengatakan, puasa setelah nisfu Sya’ban diharamkan karena termasuk hari syak, kecuali ada sebab tertentu, seperti orang yang sudah terbiasa melakukan puasa dahar, puasa daud, puasa senin-kamis, puasa nadzar, puasa qadha’, baik wajib ataupun sunnah, puasa kafarah, dan melakukan puasa setelah nisfu Sya’ban dengan syarat sudah puasa sebelumnya, meskipun satu hari nisfu Sya’ban. Dalil mereka adalah hadis, ‘Apabila telah melewati nisfu Sya’ban janganlah kalian puasa’. Hadis ini tidak digunakan oleh ulama mazhab Hanbali dan selainnya karena menurut Imam Ahmad dhaif.”

Dalam keterangan di atas ada 4 yang menghilakan hukum Harom puasa setelah lewat tanggal 15 sya'ban

1. Apabila sudah terbiasa puasa terus menerus, atau terbiasa melakukan puasa daud,  yaitu puasa sehari berbuka sehari terus menerus. 

2. Mengqado' puasa puasa wajib yg tertinggal di waktu yang telah

3. Puasa nazar. 

4. Terbiasa melakukan puasa senin kamis rutin. 

KETENTUAN KETENTUAN PUASA SUNNAH BULAN SYA’BAN

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIAPAKAH SETAN BISU ITU....?

    Islam sebagaimana agama paripurna yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemuliaan dan keluhuran tidak pernah membenarkan adanya perbuatan...